di belakang: ep. 0

by - 9:27:00 PM

ketika karya saya dilepas ke publik, maka ia tidak lagi menjadi milik saya seutuhnya. di dalam tiap kepala penikmatnya, karya-karya tersebut akan menemukan rumahnya sendiri dan bertumbuh sendiri dengan dipupuk ide masing-masing penikmatnya. apa yang saya miliki dari karya saya tetap milik saya, namun kalian bisa ikut memilikinya.

saya termasuk bagian dari mereka yang selalu cemas dan gelisah ketika mempublikasikan karya sendiri. dibandingkan dengan respon negatif, saya lebih cemas bahwa karya saya tidak mampu memunculkan respon apapun. bagi saya, tiap tulisan saya harus mampu menyentuh penikmatnya; membuat orang lain merasa dan atau memikirkan sesuatu karena tulisan saya.

karena hal itu saya selalu bersemangat membahas karya saya dengan orang lain. keingintahuan saya tentang apa yang mereka rasakan dan atau pikirkan setelah membacanya terasa seperti roda-roda yang mendorong saya untuk tetap menulis. penghayatan penikmat tulisan menjadi sebuah hadiah bagi saya setelah memberanikan diri berbagi tulisan saya.


tak jarang saya justru menceritakan secara gamblang apa yang terjadi di belakang tulisan tersebut: apa yang saya maksud dari tiap larik yang saya tulis, apa yang saya rasakan sampai rasa tersebut berubah jadi kata, mengapa saya memilih kata yang saya gunakan, apa pemikiran yang mendasari tulisan tersebut, dan seterusnya.

hal-hal inilah yang akan saya lakukan pada tiap episode di belakang: saya menceritakan apa yang terjadi di belakang tulisan saya. di belakang akan hadir beberapa hari setelah karya saya dipublikasikan di sini. tentu akan ada pengecualian di suatu waktu nanti ketika saya hanya mampu membagikan karya yang sifatnya personal, namun cerita di belakangnya belum siap untuk saya bagi.

bukan maksud saya untuk memaksakan makna karya saya kepada pembaca lewat seri di belakang. seperti yang saya utarakan, saya sangat percaya bahwa interpretasi karya adalah hak penikmat. di belakang hanya bermaksud berbagi sudut pandang. sebuah bonus jika apa yang saya ceritakan dapat membuat kalian memunculkan penghayatan lain tanpa menghilangkan apa yang sebelumnya sudah dimaknakan. sebuah bonus lebih besar jika kalian mau membagi apa yang kalian maknakan kepada saya 😊

semoga apa yang saya bagikan lewat seri di belakang membawa lebih banyak hal baik, bagi saya dan bagi pembaca. sampai bertemu di di belakang: ep. 1 - perang sendiri.


cheers,
ζ


-------------------------------------
picture: kiara payung
taken with Lenovo S850 on 28/8/2016
edited with VSCO

You May Also Like

0 comments