di belakang: ep.2 - tinggal

by - 3:00:00 PM

kamis 2 agustus kemarin ada wisuda. bagi saya wisuda selalu membawa dua: perayaan dan pelepasan. banyak pula, selain wisuda, hal-hal yang saya hadapi di minggu-minggu kemarin yang memaksa saya merasakan lagi riuhnya pertemuan dan getirnya perpisahan.


-


saya anak terakhir dari enam bersaudara. semua kakak-kakak saya sering pergi jauh untuk kuliah saat saya masih sukar menghafal rumus mana yang digunakan untuk menghitung luas lingkaran dan mana yang digunakan untuk kelilingnya. saya termasuk dari mereka yang lulus lebih lama dalam lingkaran teman-teman smp dan sma. saya pun salah satu orang terakhir dari 150 teman-teman angkatan yang masih "betah" di kampus. teman-teman terdekat sudah banyak mencari hidupnya masing-masing dan saya masih tertinggal di kampus.

jadi seharusnya perpisahan dan ketertinggalan bukan hal yang asing buat saya, tapi 

menjadi yang ditinggalkan selalu mampu menggurat luka di tempat baru tiap kali orang yang berbeda meninggalkan saya.

saya selalu berusaha mengabaikan udara yang tiba-tiba terasa berat di menit-menit ucapan selamat tinggal, selalu mengabaikan mata-mata yang mungkin menampung rasa maaf dan sesal karena jadi yang pertama pergi. tapi, toh, waktu memang tidak pernah dan tidak mau menunggu siapapun, jadi wajar kalau manusia saling meninggalkan dan ditinggalkan.




meninggalkan dan ditinggalkan memang urusan yang pelik. entah siapa yang lebih sakit, saya tidak benar-benar peduli. pertemuan memang selalu menghasilkan perpisahan pada akhirnya. yang lebih penting dipikirkan adalah bagaimana merawat sedih masing-masing agar mengering.

dan saya sedang berusaha meyakini bahwa tiap perpisahan baru mengantarkan pada sebuah pertemuan yang lain.


semoga kalian yang meninggalkan dan ditinggalkan ikut menyadari hal ini, dan menjadi tenang karenanya.


cheers,
ζ





[baca: tinggal]
-----------------------------------------------------------------------------------------------
picture: my shoes (and plenty of others' traces) on senggigi beach's sand
taken with Lenovo S850 on 29/07/2018
edited with Microsoft Office Picture Manager

You May Also Like

0 comments